Minggu, 12 April 2020

Ganool, Lk21, Indoxxi Hingga Unduhmovie, Daftar Situs Nonton Film yang Diblokir Kominfo



Ganool, Lk21, Indoxxi Hingga Unduhmovie, Daftar Situs Nonton Film yang Diblokir Kominfo


JambiFlash.com – Sejak Desember 2019, Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) RI, sudah “menabuh perang” terhadap situs-situs streaming movie ilegal. Puluhan situs sudah di-take down. Mulai dari Ganool hingga Unduhmovie, semua sudah di-offline-kan.

Lewat rilis press di laman resmi Kemkominfo, Kominfo.go.id, beberapa waktu lalu Kominfo telah memuat daftar situs-situs streaming movie atau nonton film online yang telah diblokir. Yakni :

ganool.com
nontonmovie.com
bioskops.com
ganool.ca
kickass.to
thepiratebay.be
‎downloadfilmbaru.com
ganool.co.id
21filmcinema.com
gudangfilm.faa.im
movie76.com
isohunt.to
cinemaindo.net
bioskop25.net
unduhfilm21.net
ganool.in
bioskopkita.com
downloadfilem.com
comotir.net
movie2k.ti
21sinema.com
unduhmovie.com

Ke-22 situs itu telah ditutup aksesnya oleh Kominfo sejak beberapa waktu lalu. Namun, faktanya, hingga April 2020 ini, situs-situs streaming movie ilegal masih terus bertumbuh. Setiap kali ditutup kominfo, saat itu pula mereka berganti nama domain.

Soal gontai-ganti nama domain ini dibenarkan oleh Kemkominfo. Namun pemerintah sudah mengantisipasi gonta-ganti domain seperti itu.

“Kalau mereka ganti, kami akan blokir lagi,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, penutupan situs pembajak film ini merupakan amanah dari Undang-undang No. 28/2014 tentang Hak Cipta. UU tersebut mengatur penutupan konten dan/ atau hak akses yang terkait dengan pelanggaran hak cipta dalam sarana multimedia.

Sedangkan pantauan JambiFlash.com, sampai detik ini, situs-situs seperti ganool, indoxxi, layarkaca21 hingga unduhmovie, terus bermunculan.

Ketika yang satu diblokir, yang lain muncul dengan begitu cepat. Yang makin mengkhawatirkan, setiap kemunculannya, situs streaming movie gratis ilegal itu menampilkan film-film terbaru, yang, bahkan belum ditayangkan di bioskop. Ini sangat merugikan pemain industri perfilman.

Situs streaming baru yang muncul nama domainnya seperti :

juraganfilm
bioskopkeren
xx1
lebahmovie
filmlokal
lk21
layarkaca21
indoxxi

Wajah Lama Gaya Baru

Rata-rata masih menggunakan nama-nama lama namun dengan ekstensi domain yang berbeda.

Situs-situs ini makin kokoh di internet karena penggemarnya masih banyak. Para pecinta film cenderung mencari situs ini karena mudah diakses dan tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun.

“Kalau yang lain bayar. Kalau kayak situs layarkaca21 gratis. Mano di zaman corona cam ni, nyari duit susah, nak nonton film bayar jugo, wai saro nian,” ungkap Iwan (37), tukang ojek pangkalan di salah satu lorong kawasan Pattimura, Kota Jambi, Minggu (12/4/2020).

Rekannya, Edi (40), juga mengaku lebih suka mengakses situs nonton film online gratis ketimbang situs berbayar seperti Netflix, Iflix, Hooq dan semacamnya itu.

“Adolah yang nyaranin pakek apilkasi Vidio.com, tapi malas. Ruponyo bayar jugo. Kami nyari makan bae susah sekarang ni, dak bakalan lah mau bayar nak nonton film online,” kata Edi.(dim)