Nonton Film India Viceroy’s House 2017 Sub Indi, Ini Sinopsisnya


Nonton Film India Viceroy’s House 2017 Sub Indi, Ini Sinopsisnya

Viceroy’s House adalah film bergenre drama sejarah Inggris-India garapan sutradara perempuan asal India yang menetap di Inggris, Gurinder Chadha. Berpengalaman menggarap film berkelas internasional membuat film Viceroy’s House lebih kaya persfektif tanpa meninggalkan khas Indianya.

Film ini bertabur bintang asing, seperti Hugh Bonneville, Gillian Anderson, dan Michael Gambon. Hanya Manish Dayal dan Huma Qureshi yang merepresentasikan India, meskipun Manish lebih terkenal sebagai aktor Amerika.

Hugh Bonneville adalah aktor Inggris pemeran Robert Crawley, Earl of Grantham, di film Downton Abbey. Sedangkan Gillian Anderson adalah agen FBI Dana Sculy dalam The X-Files. Ingat mereka?

Dirilis di Inggris pada Maret 2017,  Viceroy’S House versi India diberi judul Partition 1947  yang dirilis pada Agustus 2017.

Simak dulu sinopsis film Viceroy’s House atau Partition 1947 ini sebelum  menontonnya di laptop atau di smartphone Anda. Film ini berkisah tentang duta besar terakhir India Lord Louis Mountbatten (diperankan oleh Hugh Bonneville) yang mengawasi transisi Inggris-India pada 1947.

Duta besar Inggris di India pada masa itu sebelumnya dikenal dengan sebutan Viceroy atau Raja Muda/Wakil Raja –setara Gubernur Jenderal di masa kolonial Belanda di Indonesia. Kediamannya disebut Viceroy’s House.

Lord Mountbatten akan segera meninggalkan Viceroy’s House dalam 6 bulan setelah kemerdekaan India diumumkan. Lord Mountbatten sendiri adalah cucu besar Ratu Victoria, yang juga ditugaskan untuk menyerahkan India kembali kepada masyarakatnya.

Tetapi, kemerdekaan India ini menyisakan konflik di kalangan elite yang kelak berujung pada pemisahan Pakistan (Islam) dari India (Hindu).

Digambarkan, lantai atas rumah Viceroy’s House dihuni oleh Lord Mountbatten bersama istrinya Edwina (Gillian Anderson) dan putrinya Pamela (Lily Travers). Lantai bawah tanah adalah tempat tinggal sekitar 500 pelayan dari berbagai kalangan –Hindu, Muslim dan Sikh.

Seorang pelayan baru bernama Jeet (Manish Dayal) jatuh cinta kepada asisten putri Mountbatten yang bernama  Alia (Huma Qureshi). Di Viceroy’s House itulah cinta Jeet bersemi kembali setelah keduanya pernah bertemu di Lahore beberapa tahun lalu.

Jawaharlal Nehru, Muhammad Ali Jinnah dan Mahatma Gandhi adalah elit politik yang ikut berdebat dan berdiplomasi atas kemerdekaan India ketika itu.

Mountbatten berupaya memediasi perdebatan Nehru yang ingin India bersatu dan Jinnah yang ingin membangun negara Muslim secara terpisah bernama Pakistan.

Di ruang bawah, Alia terus menolak Jeet karena Jeet Hindu dan dia Muslim. Alia takut mengecewakan orang tuanya.


Karena kerusuhan mulai menjalar di berbagai kota di India, Inggris mempercepat proses kemerdekaan India. Mountbatten cenderung ke India bersatu, tetapi karena kerusuhan antara Muslim dan Hindu terus meningkat, dia akhirnya menerima pemisahan (Partition of India).

Urusan politik di lantai atas dan urusan cinta di lantai bawah silih berganti di tampil di layar.  Jeet terus membujuk Alia sampai akhirnya dia tahu bahwa sang pujaan sudah ditunangkan dengan pria lain sejak kecil. Sementara itu, terkait pemisahan India, para pelayan di Rumah Viceroy diminta memilih untuk tetap tinggal di India atau Pakistan.

Ketegangan demi ketangan terus ditampilkan di layar. Apalagi kemudian pembagian wilayah India Pakistan tidak begitu clear –yang kita tahu masih menyisakan konflik sampai saat ini.

Dalam kekalutan, film ini mampu mendedahkan ketegangan yang membuat penonton tak mampu meninggalkan kursi penonton. Apalagi, kisah cinta Jeet dan Alia yang menjadi bumbu ternyata terus mewarnai film ini sampai akhir. Menyuguhkan keharuan dan kesedihan.

Bagaimana akhir nasib Lord Mountbatten? Bagaimana pula akhir kisah cinta Jeet dan Alia? Akankah keduanya terpisah karena negara dan agama?

Tonton film India Viceroy’s House 2017 di aplikasi streaming movie kesayangan Anda, atau cari sendiri di situs-situs pencarian seperti Google.com, Yahoo.com, Bing.com, Yandex.com atau Duckduckgo.com. Ketik kata kunci atau keyword “nonton film viceroy’s house 2017 full movie sub indo”.(*)


BACA JUGA BERITA FILM DI JAMBIFLASH: