Jakarta Perpanjang PSBB


JAMBIFLASH.COM – Gubernur DKI Anies Baswedan memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jakarta hingga 11 Oktober 2020. Perpanjangan dua pekan ini dilakukan lantaran masih ada potensi kenaikan kasus Covid-19 dari wilayah penyangga ibu kota.

Keputusan diambil usai Anies usai rapat dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Kamis (24/9).

Baca Juga : Profil Wahyono, Tukang Jahit yang “Lawan” Anak Jokowi di Pilkada Solo

Dalam pertemuan, Luhut menunjukkan data penularan Covid-19 di Jakarta relatif terkendali, namun kasus di kawasan Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi masih meningkat.

Oleh sebab itu perpanjangan pembatasan kembali dilakukan. ”Menko Kemaritiman dan Investasi juga menyetujui perpanjangan otomatis PSBB DKI selama dua pekan,” kata Anies

Dari data Kementerian Kesehatan, jumlah kenaikan kasus positif corona sejak awal September relatif tak bergerak jauh dari rentang 1.000 hingga 1.300 kasus. Adapun kasus Covid-19 di Jawa Barat terus meningkat dari 215 pada awal bulan menjadi 804 hari ini.

Begitu pula kasus Covid-19 di Provinsi Banten yang bertambah dari 26 pada 1 September menjadi 130 hari ini. Anies mengatakan akan terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat dalam penanganan corona.

Sedangkan dari data Kementerian Kesehatan, Jakarta masih menyumbang kasus tambahan terbanyak yakni 1.044 orang. Di bawahnya adalah Jawa Barat dengan tambahan 804 kasus dan Jawa Tengah yang melaporkan 434 kasus.

Secara total penambahan kasus positif corona di Indonesia hari ini kembali memecahkan rekor tertinggi yakni 4.634 orang. Dengan tambahan ini maka 262.022 orang telah dinyatakan terkena Covid-19.

Baca Juga : Strategi Menang Pilkada ala Tito

Luhut pekan lalu juga telah mendapatkan tugas dari Presiden Joko Widodo untuk menangani kasus Covid-19 di delapan provinsi.

Delapan provinsi tersebut yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Bali, dan Sumatera Utara.

Namun Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menilai pengetatan PSBB di Jakarta terlambat.

Ini lantaran pembatasan dilakukan Anies usai ibu kota menjadi zona merah corona selama empat pekan.

”Kalau sudah tahu seminggu berzona merah, segera lakukan pengetatan PSBB agar minggu depan menjadi zona oranye,” kata Wiku, Rabu (14/9).

Dia juga menambahkan bahwa sebanyak 30% dari pasien di DKI merupakan pasien yang berasal dari wilayah Bodetabek. Hal ini dinilai berpotensi menjadi konflik.

”Kenapa tidak dirujuk ke Bodetabek saja? Kenapa masuk DKI?” ujar dia.(red)

The post PSBB Jakarta Diperpanjang appeared first on Berita Jambi Seru Com.


source https://www.jambiseru.com/berita/2020/26/09/psbb-jakarta-diperpanjang