close

Ads

Berikut Profil Zumi Zola Hingga Kariernya

Berikut Profil Zumi Zola Hingga Kariernya

Jambiflash.com -- Saat ini jagat maya sedang dihebohkan dengan kondisi kesehatan Zumi Zola yang memburuk di dalam penjara. Bahkan, banyak yang penasaran dengan profil Zumi Zola tersebut.

Terpidana kasus korupsi Zumi Zola masih menjalani masa hukuman di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

Kondisi kesehatan artis yang ngetop pada awal 2000-an itu kini cukup memprihatinkan.

Baca Juga : Zumi Zola Setelah Ditinggal Istri, Mata Rabun Kesehatan Memburuk

Baca Juga : Turut Prihatin, Haris Kunjungi Pengungsi Sengketa Lahan

Baca Juga : Istri Tolak ML, Ayah Perkosa 2 Putrinya

Setidaknya hal itu diungkap oleh mantan kuasa hukum Zumi, Handika Hanggono.

Dia bilang penyakit diabetes yang diidap membuat Zumi sekarang agak sulit melihat.

"Oh, kalau diabetes itu sudah lama. Cuma memang diabet itu nyerang ke semua organ, termasuk mata," kata Handika dihubungi, Minggu (4/10/2020).

Berikut profil Zumi Zola dan kondisi Zumi Zola di penjara :

Pemilik nama lengkap Zumi Zola Zulkifli ini lahir di Jakarta, pada 31 Maret 1980. Zumi Zola merupakan anak pertama dari ayah Zulkifli Nurdin dan ibu Harmina Djohar.

Dirinya memiliki 5 saudara kandung yaitu, Zumi Zoftan, Zumisha Nadia Zaquita, Zumi Laza, Amalia Saslika Maharani, dan Amalia Azra Maharani. 

Zumi Zola yang memiliki keturunan Melayu Jambi ini adalah seorang alumni SMAI Al-Izhar Pondok Labu, Jakarta. Kemudian dirinya melanjutkan pendidikan S1 di Institut Pertanian Bogor tahun 2002, dan S2 di London Metropolitan University pada 2007.

Zumi Zola diketahui sempat bertunangan dengan Ayu Dewi, namun akhirnya pada tanggal 16 Maret 2012 dirinya menikah dengan Sherrin Tharia, seorang pemain biola dan putri dari Tengku Malinda mantan penyiar TVRI.

Kemudian pada tanggal 1 Agustus 2014 Zumi dikarunai seorang anak laki-laki yang diberi nama Zameer Zahid Abyadh Zola. Dan pada tanggal 22 Juni 2016 Zumi Zola dikaruniai anak kedua yang juga seorang laki-laki bernama Zhafran Ziyadh At-Thahirah Zola. 

Baca Juga : Saat Timnas U-19 Latihan di Kroasia

Baca Juga : Tak Mampu Bayar Utang, Dua Gadis Layani Kakek 70 Tahun Sampai Anunya Benjol-benjol

Baca Juga : Mengenal Hesti Haris (2) : Tak Sungkan Pinjam Bedak Orang Terdekat

Perjalanan Karier Politik Zumi Zola

Zumi Zola menjadi Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Timur untuk periode 2011-2016, berpasangan dengan Ambo Tang sebagai Wakil Bupati.

Kemudian Zumi Zola mundur pada 6 Oktober 2015 karena maju dalam Pemilihan umum Gubernur Jambi 2015 dan wakilnya, Ambo Tang diangkat menjadi Bupati Tanjung Jabung Timur untuk menjalani sisa masa jabatan 2011-2016.

Pada Pilkada Serentak 2015, Zumi Zola berpasangan dengan Fachrori Umar, yang kemudian terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi untuk periode 2016-2021.

Pencalonannya tersebut didukung oleh PAN, Partai Nasdem, Partai Golkar, Partai Hanura, PKB, PBB, dan PPP. Pada tanggal 12 Februari 2016, Zumi Zola resmi dilantik oleh Presiden Jokowi bersama 6 pasang Gubernur yang terpilih lainnya di Kompleks Istana. 

Kondisi Zumi Zola di Penjara

Zumi Zola tersandung kasus suap APBD Jambi tahun 2018 saat menjabat sebagai Gubernur Jambi. Zola divonis enam tahun penjara akibat perbuatannya itu. 

Kini kondisi kesehatan Zumi Zola dikabarkan menurun usai perceraiannya dengan Sherrin Tharia. Zumi Zola ternyata sudah lama menderita penyakit diabetes dan kembali kambuh saat menjalani hukuman di penjara.

Akibat dari penyakit diabetesnya yang kambuh tersebut, Zumi Zola kini sulit untuk melihat. Akibatnya Zumi Zola seringkali meminta izin kepada pihak yang berwajib agar diperbolehkan untuk pergi berobat.(red)

SumberSuara.com