Rabu, 28 Oktober 2020

Salah Satu Bentuk Kerjasama Negara-negara Asean di Bidang Pendidikan Yaitu...

Salah Satu Bentuk Kerjasama Negara-negara Asean di Bidang Pendidikan Yaitu...

Jambiflash.com -- Negara-negara ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations bekerja sama dalam berbagai bidang. Salah satu kerja samanya yakni pendidikan.

Dalam Modul Ilmu Pengetahuan Sosial edisi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) oleh Tenia Kurniawati, M.Pd dan Andri Setiawan, M.Pd, kerja sama negara-negara ASEAN di bidang pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Asia Tenggara dan meningkatkan daya saing Asia Tenggara pada dunia internasional.

Contoh kerja sama negara ASEAN di bidang pendidikan ini antara lain:

1. Pertemuan guru-guru dari Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Korea Selatan dalam acara ACT (Council of Teacher Convention) di Bali.

2. Pemberian beasiswa pendidikan, misalnya Indonesia memberikan beasiswa pendidikan dokter, bahasa, dan seni kepada pelajar negara-negara anggota ASEAN.

3. Beasiswa dari ASEAN untuk belajar di berbagai universitas di negara-negara ASEAN.

4. Diadakannya olimpiade regional Asia Tenggara seperti Pertamina menyelenggarakan Olimpiade Sains Nasional.

Itulah kerja sama ASEAN di bidang pendidikan. Kerja sama antara negara ASEAN sangat dibutuhkan karena potensi alam dan manusia di setiap negara berbeda-beda.

ASEAN adalah sebuah organisasi asia yang bergerak pada bidang geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara. ASEAN terdiri dari 10 anggota.

Negara-negara ASEAN yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Laos, Myanmar, Vietnam, dan Kamboja. Timor Leste telah mendaftarkan diri sebagai anggota ASEAN pada tahun 2011. Namun hingga kini keanggotaan masih dalam pembahasan.

Sumber : News.detik.com