Selasa, 03 November 2020

Al Haris-Abdullah Sani Siapkan Rp 50 M untuk Petani Karet-Sawit di Jambi

Jambiflash.com – Saat bertemu dengan para petani karet di Muaro Jambi, dr H Al Haris, Bupati Merangin dua periode yang kini maju sebagai calon Gubernur Jambi nomor urut 3, menyampaikan program untuk pengembangan pertanian di Provinsi Jambi. Petani karet, sawit, kopi, pinang, rempah-rempah, akan dibantu senilai total Rp 50 miliar per tahun dari APBD Provinsi Jambi jika Haris-Sani dipercaya jadi Gubernur-Wakil Gubernur Jambi nanti.

Al Haris menjelaskan tata kelola karet harus dibenahi, pemerintah harus memikirkan peningkatan kualitas dan kuantitas karet agar petani karet ekonominya terangkat.

Baca Juga : Al Haris Teteskan Air Mata Saat Bertemu Petani Karet Muaro Jambi, Ini Alasannya

Selain itu, pemerintah juga harus bisa mengurangi biaya ongkos produksi dan memperpendek waktu jarak distribusi barang masuk dan keluar daerah.

Untuk diketahui, di visi misi Jambi Mantap Haris-Sani, sudah dimasukkan program pemulihan ekonomi masyarakat dalam bentuk; Program Peremajaan Tanaman Perkebunan (Kelapa Sawit Rakyat, Karet Rakyat, Kopi, Pinang, Kelapa Dalam Rakyat) dan Tanaman Rempah (Lada, Cengkeh, Pala).

Dalam program ini, dianggarkan Rp 50 miliar per tahun guna meningkatkan produktivitas petani lokal Jambi.
Selain itu, ada juga program pengembangan Kawasan Kampung Pangan Terpadu di setiap Kabupaten/Kota, termasuk di Muaro Jambi. Dana yang dianggarkan per tahun untuk kawasan ini sebesar Rp 11 miliar.

Baca Juga : Kunjungi Sungai Gelam, Abdullah Sani Disambut Bak Keluarga

“Kita sangat serius mengembangkan pertanian di Jambi,” ungkap Al Haris, anak petani karet Desa Sekancing-Merangin, Selasa (3/11/2020). (*)

The post Al Haris-Abdullah Sani Siapkan Rp 50 M untuk Petani Karet-Sawit di Jambi appeared first on Jambiseru.com | Update Berita Jambi.

source https://www.jambiseru.com/berita/2020/03/11/al-haris-abdullah-sani-siapkan-rp-50-m-untuk-petani-karet-sawit-di-jambi