Kamis, 19 November 2020

Hesti Haris yang Luwes, Tak Segan-segan Turun Langsung ke Dapur

Jambiflash.com -- Kalau sudah jadi istri pejabat, biasanya seorang perempuan akan berubah. Jadi lebih ekslusif dan malas kerja langsung. Tetapi ini tidak berlaku bagi Hesnidar atau Hesti, istri Bupati Merangin 2 periode, Al Haris.

Walau sudah jadi istri Bupati Merangin 2 periode, Hesti masih seperti Hesti yang dulu. Sederhana, ramah, mengayomi dan selalu sedia turun dan membaur dengan masyarakat. Apalagi di kalangan bawahannya, Hesti dikenal sosok yang luwes dan tak pilih-pilih pergaulan.

Sehari-hari di rumah dinas, bahkan di rumah pribadinya, Hesti tak ubahnya memegang peran sebagai Ibu, Ayuk, Pimpinan bahkan tukang masak. Nah, ini.

Baca Juga : Mengenal Hesti Haris (2) : Tak Sungkan Pinjam Bedak Orang Terdekat

Jika ada kegiatan-kegiatan formil di rumah dinas Bupati Merangin misalnya. Hesti sendiri yang memastikan bahwa semua persiapan sudah matang. Tamu-tamu harus puas termasuk di sisi selera makanan.

“Ibuk kalau sudah ada acara, langsung turun ke dapur. Bahkan ikut masak, kayak ibu-ibu yang lain pas lagi acara keluarga,” ungkap Bude Nur, staf rumah tangga rumah dinas Bupati Merangin, beberapa waktu lalu.

Zul, staf yang lain juga membenarkan itu. Katanya, kalau sudah acara besar dan mengundang ribuan orang ke rumah dinas, Hesti yang paling sibuk.

“Kadang ke ruang acara, terus ke dapur, terus nemuin tamu. Ibu sendiri yang memastikan semua tamu sudah diurus dengan baik. Saya jadi ingat ibu saya sendiri kalau lihat Ibu Hesti,” tutur Zul.

Dii rumah pribadi, rata-rata yang mengurus rumah tangga dan keperluan dapur Al Haris sekeluarga, juga mengakui hal itu. Bahkan, saat dilihat sendiri beberapa bulan terakhir, apa yang mereka katakan memang benar adanya.

Hesti tampak sering masuk ke dapur lalu bercengkrama dengan juru masak yang ada. Tak ada perbedaan luas antara kru dengan pimpinan di sini. Semuanya penuh keakraban. Penuh kekeluargaan.

“Ayuk macam ini lah, dak puas kalau Cuma nengok-nengok bae. Enak ikut masak, biso sambil ngota-ngota dengan ayuk-ayuk di dapur ni,” beber Yuk Hesti -sapaan akrab Hesnidar Haris, ini-.

Saat itu Hesti terlihat sedang ikut memotong nanas untuk disuguhkan ke kru dan tamu yang singgah ke rumah pribadi Al Haris, Lorong H Ibrahim, Alam Barajo, Kota Jambi.

Pertanyaannya, adakah istri-istri kandidat lain yang seperti ini? Perempuan sederhana, luwes, ramah dan seperti ibu-ibu biasa. Tak ada jarak yang dibuat. (*)