Sinopsis Film Indonesia “Sampai Jadi Debu” (2021)

 

Jambiflash.com - Salah satu konsekuensi yang mau tak mau harus kita jalani ketika tumbuh menjadi orang dewasa tak lain yaitu menyaksikan sendiri bagaimana orang tua kita tumbuh menjadi semakin renta. Bahkan, tak sadar bahwa sedikit  demi sedikit kemampuan motorik maupun yang lainnya pun juga akan ikut berkurang seiring berjalannya waktu.

Nah, di titik itulah mereka akan sangat membutuhkan bantuan dari anak-anaknya untuk merawat dirinya. Atas dasar cerita inilah yang menjadi latar belakang pembentukan premis dan menggaris bawahi  isi dari film Indonesia yang berjudul “Sampai Jadi Debu” ini.

Secara garis besar, Sinopsis film “Sampai Jadi Debu ini menceritakan tentang seorang ibu yang diperankan oleh aktris yang bernama Cut Mini. Dimana dirinya mempunyai sebuah penyakit alzheimer. Akhirnya dia pun harus dijaga secara bergantian oleh anak-anaknya. 

Anak-anaknya tersebut di antaranya yaitu damar yang diperankan oleh Wafda Saifan yang mana dirinya saat itu sedang berada di Jakarta mau tak mau harus pulang untuk merawat ibunya yang sedang sakit keras tersebut. Bahkan, dirinya pun juga harus rela meninggalkan kekasihnya yang bernama Laras yang dibintangi oleh Yasamin Jasem.

Selain Damar, ada kakak-kakaknya yang ikut merawat ibunya ketika sakit. Namun, kakak-kakak Damar tersebut justru malah memberi saran untuk menjual rumahnya agar ibunya bisa tinggal bersama mereka. Mendengar hal tersebut, tentu saja damar menolak usulan dari kakak kakaknya tersebut. 

Damar memilih lebih sering cuti sehingga dirinya bisa pulang ke solo untuk merawat ibunya jika dibandingkan harus menjual rumahnya itu. Hingga pada akhirnya damar pun memilih untuk resign dari pekerjaannya sendiri agar bis merawat sang ibu.

Di dalam film sampai jadi debu ini, dikisahkan bahwa tokoh Damar merupakan anak bungsu yang sangat sibuk dengan pekerjaannya yang ada di Jakarta. Bahkan, dia pun nyaris tidak pernah pulang ke solo untuk bertemu dengan kedua orang tuanya. Apalagi ketika ayahnya meninggal dunia, dirinya pun sangat menyesali hal tersebut.

Seperti yang telah dijelaskan diatas tadi, Damar pun juga terpaksa meninggalkan laras yaitu pacarnya yang sedang berada di jakarta. Bahkan, Laras yang masih menaruh cinta kepada Damar pun rela untuk menyusulnya ke Solo. Namun sayangnya percikan api malah terjadi di antara keduanya.  

Sebenarnya judul film “Sampai Jadi Debu” ini merupakan sebuah lagu yang telah dipopulerkan oleh Banda Neira. Dimana lagu ini juga sempat booming di jagat musik pada tahun 2016 lalu. Sedangkan pada makna lagunya sendiri, pada dasarnya mengisahkan tentang kesetiaan antara sepasang kekasih yang telah berjanji untuk sehidup semati.

Tetapi sayangnya judul lagu tersebut tidak selaras dengan jalan cerita yang ada di filmnya. Bahkan dapat dibilang bahwa alur cerita yang ada di dalam film ini malah berfokus kepada kisah antara seorang ibu dengan anak-anaknya saja. Bukannya seperti yang diceritakan pada lirik lagunya yang menceritakan romansa cinta antara sepasang kekasih. Namun, meskipun begitu  akan ada sedikit  adegan yang menunjukkan salah satu lirik dari lagu sampai jadi debu tersebut.

Nah, untuk kisah selanjutnya tonton segera film sampai jadi debu ini ya! Sebab Sejak 8 April 2021 kemarin, film yang berjudul “Sampai Jadi Debu” ini sudah bisa Anda nikmati di KLIK Film lho! Jadi tunggu apalagi? Segera tonton filmnya sekarang juga untuk mengisi waktu luang Anda nantinya ya!