Review Film Mortal Kombat Earthrealm vs Outworld

 


Jambiflash.com - Film Mortal Kombat merupakan sebuah film yang sudah tidak asing lagi bagi para pecinta game. Game Mortal Kombat sendiri adalah salah satu game popular di era 90-an. Film adaptasi dengan judul yang sama sudah pernah dibuat  pada tahun 1995 dan sekuel kedua di tahun 1997 namun dibuat kembali di tahun 2021 ini. Film garapan sutradara Simon McQuoid ini menjadi salah satu film yang ditunggu-tunggu pecinta film dalam negeri karena keterlibatan aktor Joe Taslim. 

Sinopsis Film Mortal Kombat

Sinopsis film Mortal Kombat 2021 ini mengambil bahan cerita dan latar dari seri game Mortal Kombat I. Dalam game tersebut, semesta dibagi menjadi beberapa dunia atau realm. Untuk menguasai satu realm, diadakan turnamen bela diri setiap 100 tahun sekali, yang disebut dengan Mortal Kombat. Untuk memenangkan Mortal Kombat ini, peserta wajib memenangkan turnamen sebanyak 10 kali berturut-turut agar bisa menguasai satu realm. 

Film dengan durasi 115 menit ini memberikan pengantar singkat bila Outworld berhasil memenangkan sebanyak Sembilan kali turnamen Mortal Kombat melawan Earthrealm. Kemudian penonton diajak mengikuti kisah para petarung terpilih dari Outworld dan Earthrealm. 

Dari namanya sudah bisa ditebak bila alur film Mortal Kombat ini cukup brutal, sadis, dan fatality rate yang tinggi sebagai ciri khas game Mortal Kombat. Sayangnya, film yang sempat popular tahun 90an ini tidak mempunyai pengembangan karakter dan juga alur cerita seperti yang diharapkan oleh penonton film bioskop. 

Ada beberapa pengenalan karakter baru yang tidak ada dalam versi game aslinya seperti karakter Cole Young. Karakter Cole Young ini adalah seorang petarung keturunan Hanzo Hazashi, namun sayangnya karakter ini tidak dijelaskan latar belakangnya dengan jelas. Selain itu, ada beberapa karakter-karakter lain yang seolah-olah datang dan pergi tanpa penjelasan tentang eksplorasi karakter yang mendalam. Sehingga karakter-karakter ini terkesan hanya dimunculkan tanpa menyatu dengan cerita film secara menyeluruh. 

Selain memunculkan banyak karakter baru, film Mortal Kombat 2021 ini juga tidak menyertakan karakter utama dalam game yaitu Johnny Cage dan hanya ditampilkan dibagian akhir film sebagai cameo. Tidak sebatas menambahkan karakter baru, konsep filmnya juga sangat berbeda dengan versi game. Bisa jadi penambahan karakter dan juga alur cerita yang berbeda ini menjadi inovasi sutradara untuk menjelaskan asal mula tokoh dalam film Mortal Kombat. 

Meskipun dalam eksekusinya, konsep dan karakter baru ini juga menimbulkan ruang kosong atau plot hole dalam film. Plot hole sendiri menjadi bahan perbincangan bagi pecinta film Mortal Kombat karena banyak orang yang merasa bila penambahan-penambahan versi pada film ini terkesan terlalu dipaksakan. Bagaimana tidak, penonton dibuat seolah-olah sudah mengetahui setiap karakter dalam film sehingga tidak diberikan penjelasan latar belakang. 

Mengadopsi sebuah game menjadi film memang bukan perkara mudah. Sehingga banyak sutradara ataupun penulis naskah memutuskan untuk membuat film dengan versi mereka sebagai adaptasi game. Mortal Kombat ini juga menghadapi situasi yang sama namun sayangnya ditambah dengan pembabakan dan dialog yang terkesan aneh. Ada beberapa bagian yang terkesan muncul dan hilang begitu saja dan memberikan kesan menggantung. Misalnya karakter Goro yang akhirnya mati sia-sia yang mau diperintah oleh Shang Tsung untuk melawan Arkana. 

Meskipun film adaptasinya tidak sesuai dengan harapan para pecinta game Mortal Kombat, namun film ini mendapatkan nilai 3 dari 5. Apalagi dengan kemunculan Joe Taslim, film Mortal Kombat ini tetap dinanti para pecinta film dalam negeri.