Review Film A Quiet Place Part 2

 

Jambiflash.com - A Quiet Place part 2 merupakan film lanjutan dari film pertama dengan judul yang sama yang rilis tahun 2018 silam. Film yang disutradarai oleh Jobn Krasinski ini menceritakan tentang keluarga Abbott yang hidup ketika bumi mengalami masa kelam karena invasi sekelompok alien. 

Pada film pertamanya, Lee Abbott yang diperankan oleh John Krasinski bersama istrinya Evelyn Abbot (diperankan oleh Emily Blunt) serta anak-anak mereka menemukan cara yang bisa mengalahkan alien yang buta namun peka dengan suara. Para alien tersebut akan bereaksi kesakitan ketika mendengar feedback yang berasal dari alat bantu dengar milik Regan (diperankan oleh Millicent Simmonds) yang tuli. Pada film pertama ini Lee diceritakan tidak berhasil selamat dari serangan alien dan meninggal istri dan anak-anaknya serta bayi yang baru lahir. Lalu apa yang berbeda dari film A Quiet Place part 1 dan part 2?

Sinopsis A Quiet Place part 2

Film A Quiet Place Part 2 ini menjadi lanjutan dari bagian pertamanya dimana bumi masih diinvasi oleh alien buta namun peka dengan suara sekecil apapun. Evelyn dan anak-anaknya mencoba melakukan perjalanan berbahaya ke gunung untuk meminta bantuan sahabat Lee yang bernama Emmet, diperankan oleh Cillian Murphy. 

Baca berita film lain di jambiflash.com : 

Mencari Link Film Venom: Let There Be Carnage 2021 Sub Indo

Review Film Cell

Berbeda dengan apa yang mereka bayangkan, Emmet ternyata sama-sama kehilangan harapan dan tidak mau menerima keluarga Abbott. Dari sebuah siaran radio, Regan dan Marcus yakin bila ada tempat lain yang bisa dihuni dan aman dari alien. 

Disaat Evelyn sibuk dengan bayinya, Emmet sudah kehilangan harapan, Marcus terluka karena kecelakaan, Rgan malah memberanikan diri untuk mencari sumber siaran tersebut sendiri dan meninggalkan rumah Emmett. Apakah perjalanan Regan ini berhasil atau tidak? Itulah yang menjadi fokus dalam film horror ini. 

Keputusan sutradara Krasinski untuk membuka perspektif film A Quiet Place menjadi ranah yang lebih luas sangatlah tepat. Bila film pertamanya hanya berfokus pada perjuangan keluara Abbott melawan alien, namun tidak dalam film ke dua ini. Lebih banyak tempat untuk dieksplorasi selain keluarag Abbot dan juga ada penambahan karakter baru. Penonton juga diajak untuk melihat alien dengan lebih dekat. Selain itu diceritakan pula kelemahan-kelamahan baru alien yang tidak terdapat pada bagian pertama. 

Konflik yang lebih terbuka pada film bioskop A Quiet Place part 2 ini memang lebih pelik daripada film pertamanya seiring dengan semakin banyak pihak yang juga terlibat dalam perjuangan keluarga Abbott. Bila diperhatikan lebih detail, jumpscare pada film kedua ini lebih banyak dan terasa lebih menegangkan. Dipadukan dengan permainan suara yang sulit ditebak membuat film ini sukses membuat jantung berdebar. 

Kemampuan aktibg Millicent Simmonds yang berperan sebagai Regan mendapatkan sorotan karena ia mampu membawakan perannya dengan baik mulai dari beradegan laga hingga membawakan drama mengharukan. Karakter baru yang diperkenalkan di film, Emmet juga memberikan warna segar dengan karakter tarik-ulur yang kadang menjadi protagonist kadang antagonis. 

Meskipun dibalut dengan cerita yang menarik dan karakter yang segar, ada beberapa yang dirasa terlalu monoton. Misalnya mencari koloni baru untuk film pasca-kiamat sudah menjadi hal yang lumrah di film ini. Terlepas dari itu, film bioskop A Quiet Place part 2 ini terselamatkan dengan kemampuan akting para aktor dan aktrisnya serta efek suara dan jumpscare yang epic. Kalau kamu suka dengan film horror tentang alien, film ini bisa menjadi salah satu rekomendasi untuk ditonton di akhir pekan.(**)