Gunung Merapi telah Menyemburkan Lava Sebanyak tiga kali dalam Minggu ini

gunung merapi


 Jambi Flash – Berdasarkan data Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), sudah tiga kali Gunung Merapi semburkan lava dalam minggu ini. Data tersebut diperoleh berdasarkan pemantauan yang dilakukan terhadap aktivitas Gunung Merapi.

Gunung Merapi semburkan lava pada rentang waktu mulai tanggal 6 hingga 12 Januari 2023 lalu. Dalam pengamatan yang dilakukan BPPTKG, terlihat aliran lava mengalir dari puncak Gunung Merapi paling aktif di Indonesia itu.

“Minggu ini guguran lava teramati sebanyak tiga kali ke arah barat daya atau ke Kali Bebeng dan Kali Sat/Putih dengan jarak luncur maksimal 1.200 meter,” kata Kepala BPPTKG Agus Budi Santoso melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Sabtu (14/1/2023) seperti dikutip dari kantor berita pemerintah, ANTARA.

Menurut Agus Budi, setiap kali Gunung Merapi mengeluarkan lava, suara gugurannya terdengar sampai ke Pos Babadan. Suaranya terdengar sampai enam kali dengan intensitas rendah hingga sedang.

Ia mengatakan berdasarkan analisis morfologi dari stasiun kamera Deles5, Tunggularum, Babadan 2, dan Ngepos, kubah barat daya dan kubah tengah masih menunjukkan pertumbuhan, namun tidak menunjukkan perubahan yang signifikan.

Volume kubah barat daya Merapi terhitung tetap sebesar 1.616.500 meter kubik dan untuk kubah tengah sebesar 2.772.000 meter kubik.

Intensitas kegempaan Merapi selama sepekan terakhir, ujar dia, terhitung masih tinggi.

Selama kurun itu, Gunung Merapi tercatat mengalami 664 kali gempa vulkanik dalam, 17 kali gempa vulkanik dangkal, 75 kali gempa fase banyak, 261 kali gempa guguran, satu kali gempa hembusan, dan 10 kali gempa tektonik.

Deformasi Gunung Merapi yang dipantau dengan menggunakan EDM dan GPS pada pekan ini tidak menunjukkan perubahan yang signifikan.

Hingga saat ini, BPPTKG masih mempertahankan status Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada Level III atau Siaga. (bak)

Sumber : jambiseru.com

Gunung Merapi telah Menyemburkan Lava Sebanyak tiga kali dalam Minggu ini Gunung Merapi telah Menyemburkan Lava Sebanyak tiga kali dalam Minggu ini Reviewed by Co-Writer ? on 08.03 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.