Keluhan Karyawan Menurun 70% Akibat dari Digitalisasi

 

digitalisasi

Jambi Flash – Keluhan Karyawan Menurun 70% Akibat dari Digitalisasi, Transformasi digital dalam bidang manajemen sumber daya manusia (SDM) di PT Bank Danamon Indonesia dengan teknologi SAP dari SAP Indonesia telah menurunkan 70 persen keluhan karyawan.

“Proses digitalisasi ini membuat kami berhasil memotong lebih dari 20 persen proses HR dan 64 persen proses manual, lalu menurunkan 70 persen keluhan dari karyawan, hingga membuat 30 persen proses yang memiliki added value diberdayakan kepada manajer atau karyawan kami sehingga bisa membuat keputusan,” kata HR Digitalization Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk Handri Yustanto dalam keterangannya pada Sabtu.

Sebelum terdigitalisasi, kerap muncul masalah terkait data dalam pengelolaan SDM, sebab data tersebar di berbagai sumber.

“Untuk melaporkan atau menganalisis data karyawan, tim HR harus menemukan dan mengumpulkan data secara manual atau menghubungi IT untuk memberi akses ke data yang seringkali memakan waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk diproses. Secara keseluruhan, data sulit digunakan dan akhirnya diabaikan. Ketiadaan analisis terhadap data juga mengakibatkan HR mendapatkan gambaran yang tidak lengkap tentang tenaga kerja perusahaan dan tidak mampu bersikap proaktif.”

Dikutip dari laman – jaringan Antaranews.com(partner Jambiseru.com), dari artikel yang berjudul”Digitalisasi turunkan 70 persen keluhan karyawan” Transformasi digital yang diadopsi Bank Danamon diarahkan untuk mengoptimalisasi kombinasi data HR dan data bisnis untuk menentukan keputusan bisnis.

Dalam hal ini, tim HR Bank Danamon tidak ingin sistem berhenti pada perekaman dan pengelolaan data SDM yang bersifat administratif, tetapi juga bisa mengelola big data yang kaya dan dinamis.

Sejak 2017, Bank Danamon memercayai solusi SuccessFactors yang disediakan SAP Indonesia dan berfokus memanfaatkan produk digital yang sudah mapan itu untuk memberikan dampak nyata bagi perusahaan.

Managing Director SAP Indonesia Andreas Diantoro mengatakan transformasi digital yang dilakukan Bank Danamon ini berhasil memaksimalkan cara kerja HR dan mempersiapkan SDM yang menjadi kunci utama dalam menghadapi perubahan.

“Kini, HR mendapat manfaat dari SAP SuccessFactors karena dilengkapi kemampuan cerdas untuk memberdayakan pengguna bisnis membuka potensi karena kemudahan penggunaan antarmuka (interface), dan mempersingkat waktu untuk menyiapkan lanskap sistem yang kompleks, dan menyelaraskan data dari berbagai sumber, sehingga memungkinkan pengguna bisnis melakukan analisis canggih dalam pengelolaan SDM berbasis data,” kata Andreas.(bak)

Sumber : jambiseru.com

Keluhan Karyawan Menurun 70% Akibat dari Digitalisasi Keluhan Karyawan Menurun 70% Akibat dari Digitalisasi Reviewed by Co-Writer ? on 19.05 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.