Kesan Mendalam Nonton Film Sufi Versi India

Film, Jambiseru.com – Usai nonton film Sufi versi India, berjudul Sufiyum Sujatayum (2020), meninggalkan kesan mendalam di hati. Film ini bergenre drama religi romantis.

Film India berjudul Sufiyum Sujatayum (2020) ini, menceritakan tentang kisah anak manusia beda agama; Sufi (Dev Mohan) dan Sujata (Aditi Rao Hydari).

Sufi ialah pemuda pengikut agama Islam aliran sufi atau tasawuf. Sedangkan Sujata ialah gadis cantik India beragama Hindu. Keduanya ialah penganut agama yang taat beribadah.

Film ini juga bercerita tentang guru Sufi -atau biasa di kalangan sufi / tarekat dengan sebutan Mursid- bernama Ustad Aboob (Swami Shoonya).

Alur cerita dimulai ketika Sufi baru tiba di perguruan Ustad Aboob. Sufi termasuk murid yang pandai melantunkan Adzan (panggilan sholat pada agama Islam). Setiap Sufi yang adzan, maka masjid tempat Ustad Aboob akan ramai dipenuhi jamaah.

Di plot lain, Sujata ialah gadis yang menjadi salah seorang murid tari Ustad Aboob. Seringkali Sujata ke rumah Ustad Aboob untuk mendengar lantunan seruling Ustad Aboob yang indah. Sementara itu, Sujata akan menari-nari mengikuti irama seruling ustad tersebut.

Mendengar lantunan adzan dari masjid, Ustad Aboob yang lumpuh dan duduk di kursi roda, meminta Sujata mengantarkannya ke masjid. Sujata bersedia. Ia segera mendorong kursi roda Ustad Aboob hingga sampai ke masjid.

Di masjid ini Sujata terpana dengan lantunan adzan yang dikumandangkan Sufi. Begitu merdu, indah dan masuk ke hati gadis yang bisu itu. Meski bisu, namun Sujata masih bisa mendengar.

Terkejutlah Sujata mengetahui bahwa yang adzan itu ialah pemuda yang ditemuinya di bus, dan secara tak sengaja meninggalkan tasbih di kursi bus. Oleh Sujata, tasbih itu diambilnya dan disimpannya dengan baik.

Usai sholat, Sujata mengembalikan tasbih tersebut kepada Sufi. Sufi mengucapkan terima kasih lalu mereka mulai berkenalan.

Seiring waktu, keduanya mulai akrab. Sujata makin sering main ke rumah Ustad Aboob. Ia juga makin sering bertemu Sufi. Keduanya kian akrab.

Bahkan Sujata yang penari ini, takjub melihat tarian khas yang diperagakan Sufi. Tarian Sufi yang berputar-putar dengan kaki berjinjit itu, membuat Sujata kian terpesona dengan Sufi.

Cinta Terhalang Iman

Sufi dan Sujata makin dekat. Setiap hari Sujata selalu mendengarkan lantunan adzan yang dikumandangkan Sufi. Jika sedang berada di rumah, Sujata menari sembari mendengarkan adzan Sufi.

Hingga akhirnya benih-benih cinta keduanya terbaca oleh Sang Mursid, Ustad Aboob. Ayah Guru Aboob marah kepada Sufi. Ia menyarankan ada cara lain untuk berkeluarga, tidak kepada gadis yang berbeda iman.

Di tempat terpisah, orang tua Sujata juga marah. Karena Sujata ketahuan berhubungan hati dengan Sufi. Ayah Sujata bahkan sampai mendatangi Ustad Aboob. Oleh Ustad Aboob, dijelaskan bahwa agama tak memaksa orang untuk menjalaninya.

Namun sepulang ayah Sujata, Ustad Aboob menyarankan agar Sufi keluar dari perguruan itu. Sufi yang ialah murid yang patuh, mengikuti perintah gurunya.

Sementara Sujata yang sudah terlanjur cinta dengan Sufi, menolak menikah dengan pria pilihan orang tuanya. Ia bahkan menyusul Sufi yang berjalan keluar dari kampung itu.

Sujata berhasil menyusul Sufi. Sujata dengan bahasa isyarat, meminta Sufi menikahinya. Sufi mengatakan ia bersedia menikah asal guru-nya setuju. Selain itu, Sufi menyerahkan tasbih kesayangannya kepada Sujata sebagai mahar cinta-nya.

Setelah itu Sujata pulang dan nekat untuk kawin lari dengan Sufi. Namun langkahnya terhenti ketika akan keluar rumah, tiba-tiba ayahnya menyakiti tubuhnya sendiri dengan cara memukul-mukul dadanya dengan tangan berulang kaki.

Sufi yang menunggu Sujata di luar perkarangan, hanya bisa pasrah melihat peristiwa itu. Ia juga pasrah ketika Sujata memilih untuk tetap tinggal dan tak jadi kawin lari dengan dirinya.

Sufi mengalah lalu melanjutkan perjalanannya. Sedangkan Sujata juga mengalah, lalu mau dinikahi pemuda bernama Rajeev (Jayasurya) pilihan orang tuanya.

Film Sufiyum Sujatayum (2020) ini beralur maju mundur. Sehingga jika tak menonton dari awal hingga akhir, akan bingung mengikuti ceritanya.

Diceritakan, Sufi yang mendengar kematian ayah gurunya, akhirnya kembali ke Masjid Jin (tempat Ustad Aboob selama ini berada) setelah bertahun-tahun merantau. Ia mengumandangkan adzan subuh yang begitu indah.

Namun siapa sangka ternyata itu ialah adzan Subuh terakhir Sufi. Sufi si murid patuh yang tak berhasil menggapai cintanya di dunia, akhirnya kembali ke Sang Pencipta menyempurnakan cintanya lewat sujud terakhir di Sholat Subuh-nya.

Kabar wafatnya Sufi segera menyebar ke seantero kampung. Kabar itu juga tersebar hingga keluar negeri, tempat Sujata dan suaminya tinggal.

Singkat cerita, Sujata akhirnya kembali ke kampung halamannya untuk menziarahi Sufi. Malah, ia diantar langsung oleh suaminya yang penyabar, Rajeev.

Bagaimana akhir kisah Sufi dan Sujata -Sufiyum Sujatayum (2020)- ini? Silakan nonton sendiri di streaming kesayangan Anda. Dijamin film ini akan menyayat hati Anda penyuka film India bergenre romantis.(nas)