Jumat, 24 Februari 2023

5 Planet Yang Berkemungkinan Layak Huni

Tekno, Jambiseru -5 Planet Yang Berkemungkinan Layak Huni, menurut NASA Ada lima planet yang diduga layak huni seperti Bumi.

banyak penelitian luar angkasa yang menemukan beberapa planet mirip dengan Bumi, baik dalam bentuk, maupun kandungan yang ada dalam planet tersebut.

Para peneliti di Penn State University mengatakan, sejatinya, banyak planet-planet yang hangat dan berair seperti Bumi di Galaksi Bimasakti.

Dikutip dari laman – jaringan iNews.id (partner Jambiseru.com), dari artikel yang berjudul”5 Planet yang Diduga Layak Huni Seperti Bumi” Dengan menggunakan data dari teleskop Kepler NASA.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut lima planet yang diduga layak huni seperti bumi.

1. Planet ‘Teegarden’ B dan C

Planet ‘Teegarden’ B dan C mengorbit sebuah bintang, mirip Bumi pada Matahari. Bintang itu berjarak 12,5 tahun cahaya dari Bumi.

Satu tahun cahaya adalah jarak yang ditempuh cahaya dalam satu tahun, atau kira-kira 10 triliun kilometer.

Peneliti mengatakan kedua planet itu sangat mirip dengan Bumi dan planet tetangga kita.

2. Planet ‘Kepler’ 438-B dan 442-B

Para ilmuwan berspekulasi bahwa air cair mungkin ada di permukaan planet ini. Tetapi beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa planet ini menerima radiasi kuat dari bintangnya setiap 100 hari yang mungkin membuat planet ini tidak dapat dihuni.

Saat ini, planet ini dianggap 88 persen mirip Bumi. Sedangkan untuk Kepler 442-B memiliki kemiripan 84 persen dengan rumah kita.

3. Planet ‘Proxima Centauri’ B

Proxima B adalah sebuah planet luar angkasa yang bisa menjadi tempat kehidupan selain Bumi. Berjarak sejauh 4 tahun cahaya, planet itu mengitari bintangnya sendiri.

Sama seperti Bumi, Proxima b terletak di lokasi yang disebut zona layak huni. Di situ terdapat kondisi tepat untuk cairan, yang merupakan prasyarat penting bagi kehidupan.

Teleskop generasi mendatang akan memeriksa atmosfer yang jauh untuk tanda-tanda kehidupan di Proxima B.

4. Planet ‘Ross’ 128-B

Ini adalah planet terdekat di luar tata surya kita yang mengorbit di sekitar bintang merah yang tenang dan karena itu dianggap sebagai salah satu kandidat terbaik untuk layak huni.

Jika planet ini memiliki atmosfer, suhunya mungkin cukup cocok untuk mempertahankan air di permukaannya sehingga 86 persen mirip dengan Bumi. (rdo)