5 Smartphone Ramah Lingkungan

Tekno, Jambiseru – 5 Smartphone Ramah Lingkungan, smartphoen merupakan salah satu kebutuhan bagi kebanyakan masyarakat zaman sekarang.

Smartphone sendiri memiliki berbibu jenis yang tersedia di pasar, tapi Salah satu masalah dari produksi handphone (HP) adalah limbah elektronik.

Rata-rata HP menyumbang limbah elektronik dan emisi gas rumah kaca 2 persen hingga 3 persen.

Kira-kira adakah HP yang ramah lingkungan? Beberapa produsen ponsel banyak yang mulai konsen terhadap masalah lingkungan.

Dikutip dari laman – jaringan iNews.id (partner Jambiseru.com), dari artikel yang berjudul”5 HP Ramah Lingkungan, Ada yang Dibuat dari Kabel Bekas hingga Jaring Ikan Nelayan”

Berikut deretan HP yang diklaim ramah lingkungan.

1. iPhone 14 Pro

Di urutan pertama ada HP sultan, iPhone 14 Pro yang merupakan model iPhone paling ramah lingkungan.

iPhone 14 Pro dibuat dengan 100 persen emas daur ulang di kabel semua kameranya, dan 100 persen elemen tanah jarang daur ulang di semua magnetnya.

Selain itu, Apple mengatakan mereka menggunakan 35 persen atau lebih plastik daur ulang dalam 15 komponen di iPhone 14 Pro.

Jejak karbonnya hanya 65 kg dari produksi hingga daur ulang hampir 6 persen lebih sedikit dari iPhone 13 Pro.

2. Samsung Galaxy S22 Series

Samsung Galaxy S22 Series menggunakan 20 persen ​​plastik daur ulang dari laut. Semuanya dibuat dari jaring ikan yang dibuang.

Mereka juga menggabungkan bahan daur ulang dalam modul speaker dan bagian dalam tombol volume dan daya.

Tidak berhenti di situ, Samsung mengatakan menggunakan kertas daur ulang 100 persen untuk kemasan Samsung Galaxy S22, termasuk film pelindung yang terbuat dari plastik daur ulang. Itu semua adalah bagian dari program Samsung Galaxy for the Planet.

3. Motorola Edge

Motorola mengatakan seluruh rangkaian produk perangkat selulernya saat ini bebas dari polimer sintetik dari plastik (PVC) dan campuran bahan kimia buatan manusia (BFR).

Baterai di ponselnya juga diklaim tidak mengandung merkuri atau kadmium.

Perusahaan menggunakan 100 persen kandungan pulp daur ulang untuk menggantikan komponen plastik dalam kemasannya.

Motorola Edge adalah salah satu produk terbaik mereka karena spesifikasinya yang jempolan.

4. Fairphone 4

Fairphone 4 terbuat dari aluminium dari vendor bersertifikat Aluminium Stewardship Initiative (ASI) dengan penutup belakang plastik 100 persen daur ulang.

Untuk setiap HP yang dijual Fairphone, perusahaan berjanji akan mendaur ulang limbahnya.

Satu-satunya kelemahan Fairphone 4 adalah ketersediaan. Saat ini perangkat tersebut hanya tersedia di Eropa, tetapi perusahaan mengatakan akan memperluas distribusinya ke negara lain dengan pasar pertama Amerika Serikat.

5. Teracube 2E

Model terbaru perusahaan, Teracube 2E, dibuat dengan 25 persen polikarbonat daur ulang, memiliki kemasan 50 persen lebih sedikit daripada model HP lainnya.

Ponsel ini dilengkapi casing yang dapat terurai dengan mudah secara hayati.

Selain itu, pengguna dapat memperbaiki HP mereka sendiri, memperpanjang usianya hingga melewati rata-rata usia HP lain, dua hingga tiga tahun lebih lama.

Pabrikan juga mengatakan setiap pembelian Teracube artinya akan ada satu pohon yang ditanam melalui kemitraan dengan organisasi One Tree Planted.(rdo)