Resensi Buku Novel Sang Alkemis (Ahli Kimia Pembuat Emas) oleh Paulo Coelho

Resensi Buku Novel Sang Alkemis (Ahli Kimia Pembuat Emas) oleh Paulo Coelho

JAMBIFLASH.COM - Sang Alkemis adalah sebuah novel karya Paulo Coelho yang diterbitkan pada tahun 1988. Novel ini menceritakan perjalanan seorang gembala muda bernama Santiago yang merindukan dunia yang lebih luas. 

Ia kemudian memutuskan untuk meninggalkan rumah dan mewujudkan mimpinya untuk menemukan harta karun yang tersembunyi di Piramida.

Perjalanan Santiago penuh dengan rintangan dan pengalaman yang menantang. Ia bertemu dengan banyak orang yang berbeda dan belajar banyak hal tentang hidup dan keadaan manusia. 

Di sepanjang perjalanan, Santiago bertemu dengan seorang alkemis yang membantunya memahami hidup dan menjadi lebih kuat di hadapan rintangan yang dihadapinya.

Sang Alkemis ini juga digambarkan sebagai musafir suci atau sufi. Ia bahkan mampu membuat emas dari bahan bahan sederhana. 

Alkemis sendiri artinya adalah seorang ahli kimia dengan kemampuan spritual, bisa membuat barang barang yang tak masuk akal menjadi ada. Semisal membuat logam mulia emas. 

Sang Alkemis mengajarkan nilai-nilai penting seperti keberanian, kegigihan, dan kepercayaan pada diri sendiri. Coelho mengemas kisah tersebut dengan bahasa yang mudah dipahami dan gaya penulisan yang ringan.

Salah satu hal yang menarik dari novel ini adalah cara Coelho membawa pembaca dalam kisah Santiago sehingga kita ikut merasakan perjalanan yang dilalui sang tokoh. 

Terlepas dari kelebihan atau kekurangan cerita, Sang Alkemis tetap menjadi sebuah karya yang sangat inspiratif dan memberikan pelajaran berharga tentang arti hidup.(fok)