Sejarah Boneka Beruang Teddy

Sejarah Boneka Beruang Teddy

JAMBIFLASH.COM - Boneka beruang teddy adalah salah satu jenis boneka yang paling terkenal di seluruh dunia. Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai boneka tersebut, perlu diketahui bahwa teddy bear berasal dari kata teddy dan bear. Teddy merupakan singkatan dari nama Presiden Amerika Serikat Theodore Roosevelt, yang dikenal dengan julukan Teddy. Sedangkan bear artinya beruang.

Awal mula munculnya boneka beruang teddy berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20. Pada tahun 1902, Presiden Theodore Roosevelt sedang berburu di Mississippi ketika ia melihat seekor beruang hitam yang tangguh. Saat itu seekor beruang yang sudah ditangkap oleh pengawal diikat di sebuah pohon agar Presiden Roosevelt bisa melakukannya sendiri. Namun, Roosevelt menolak untuk menembak beruang tersebut karena menurutnya itu tidak adil bagi binatang yang sudah terikat tersebut.

Insiden ini kemudian menjadi menarik perhatian publik dan menjadi buah bibir di seluruh Amerika Serikat. Kartunis ternama di Amerika, Clifford Berryman, menggambar karikatur untuk sebuah surat kabar dengan gambar beruang yang sedang dipegang tangan kecil Theodore Roosevelt. Hasil gambar tersebut sangat populer hingga gambar tersebut menjadi ikon bahwa Theodore Roosevelt memiliki perhatian terhadap kesejahteraan binatang.

Kemudian sebuah toko di Brooklyn, New York (Michtom's Candy Store), memiliki ide untuk menghasilkan boneka beruang yang terbuat dari bahan sutra serta diisi dengan kapas. Boneka yang dijual di toko tersebut kemudian dijuluki "Teddy bear" dan sukses besar di pasaran. Tak lama kemudian, berbagai toko mainan lainnya di Amerika Serikat juga mulai membuat boneka beruang dengan nama yang sama.

Sejak saat itu, boneka beruang teddy menjadi paling populer di kalangan anak-anak dan dewasa di seluruh dunia. Berbagai merek mainan dari seluruh dunia seperti Steiff dari Jerman dan Ideal Toy Company dari Amerika Serikat memproduksi boneka beruang teddy dengan berbagai variasi dan desain.

Hingga saat ini, boneka beruang teddy menjadi salah satu boneka paling ikonik dan memiliki tempat tersendiri di dalam hati anak-anak dan dewasa di seluruh dunia. Hal ini tak lepas dari cerita di balik terciptanya boneka beruang teddy yang penuh dengan makna dan pesan moral.(don)