Perusahaan Elon Musk Berhasil Tanam Chip Ke Otak Manusia Untuk Pertama Kalinya


JambiFlash.com - Miliarder Elon Musk mengumumkan perusahaan neuroteknologi miliknya, Neuralink, berhasil menanam chip di otak manusia untuk pertama kalinya. Menurut Musk, chip bisa mengontrol gawai atau gadget cukup lewat pikiran.


Lewat cuitannya, Musk menyebut manusia pertama sudah menerima implan produk Neuralink, perusahaan rintisan implan otak miliknya. Dia berkata pasien sudah pulih dengan baik.


"Hasil awal menunjukkan deteksi lonjakan neuron yang menjanjikan," katanya via akun X @elonmusk.


Elon Musk tanam chip di otak sekaligus perkenalan akan produk pertama Neuralink yakni Telepathy.


Menurut Musk, pengguna awal produk ini adalah mereka yang kehilangan fungsi anggota tubuhnya.


"[Chip] memungkinkan kontrol atas ponsel atau komputer Anda, dan melalui chip [untuk] hampir semua perangkat, hanya dengan berpikir," cuitnya.


Dia mengajak netizen membayangkan seorang Stephen Hawking bisa berkomunikasi lebih cepat ketimbang juru ketik atau juru lelang. Hawking adalah ahli fisika asal Inggris. Penyakit ALS (Amyotrophic Lateral Sclerosis) yang dideritanya sejak usia 21 tahun membuatnya lumpuh dan mengandalkan kursi roda untuk mobilitas.


Rencana uji coba tanam chip di otak sudah disuarakan perusahaan sejak tahun lalu.


Seperti dilaporkan CNN, mereka menjelaskan chip dipasang lewat pembedahan di bagian otak yang mengontrol keinginan untuk bergerak.


Chip dipasang oleh robot, lalu merekam dan mengirim sinyal otak ke sebuah aplikasi. Tujuan awalnya adalah "untuk memberi orang kemampuan untuk mengendalikan kursor komputer atau keyboard menggunakan pikiran mereka sendiri.


sumber : cnnindonesia.com