Bahayanya Jika Terlalu Sering Mengkonsumsi Nasi Goreng Malam Hari

sumber : Halodoc

JambiFlash.com Salah satu yang difavoritkan adalah nasi goreng karena enak, murah, dan mengenyangkan. Namun, makan nasi goreng di malam hari mempunyai konsekuensi tersendiri. Berikut beberapa di antaranya:

1. Tinggi kalori, berpotensi menyebabkan penambahan berat badan

Satu porsi nasi goreng ayam seberat 198 gram mengandung 343 kalori. Jumlah kalori tersebut terlalu tinggi untuk dikonsumsi pada malam hari, apalagi jika diikuti dengan segera tidur. Menurut EatingWell, asupan kalori yang dianjurkan tidak boleh melebihi 250 kalori.

2. Tinggi lemak yang berpotensi menyumbat pembuluh darah

Satu porsi nasi goreng ayam mengandung 11,96 gram lemak, dimana 2,435 gram di antaranya merupakan lemak jenuh. Lemak tersebut berasal dari minyak yang digunakan untuk menumis, telur, dan daging atau kulit ayam. Terlalu sering mengonsumsi makanan tinggi lemak dapat menyebabkan penumpukan kolesterol jahat (low-density lipoprotein/LDL) di arteri, yang membawa darah kaya oksigen dari jantung ke seluruh tubuh.

Sebenarnya ada tips aman mengonsumsi nasi goreng, seperti memperhatikan takaran porsi, memperbanyak sayur, dan tidak langsung tidur setelah makan nasi goreng. Tunggu minimal 3 jam.