KPU Merangin Mulai Lakukan Pleno Rekapitulasi Tingkat Kabupaten


MERANGINJambiFlash.Com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Merangin menggelar Rapat Pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten/kota pada Pemilu tahun 2024 di ruang aula Hotel Family Inn Bangko, kabupaten Merangin, Kamis (29/2/2024).

Rapat pleno terbuka itu dipimipin Ketua KPU Merangin Alber Trisman dan 4 komisioner KPU lainnya. Selain itu di ikuti saksi partai politik peserta pemilu 2024.

Ketua KPU Merangin Alber Trisman mengatakan, pemilu 14 Februari 2024 berjalan dengan baik dan sebelumnya telah melakukan pleno tingkat kecamatan.

“Setelah pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan, maka mulai hari kita telah jadwalkan pleno tingkat kabupaten selama 3 hari, 29 Februari hingga 2 Maret 2024,” kata Alber Trisman.

Dijelaskan Alber, rekapitulasi penghitungan suara ini dilakukan secara terbuka dan transparan serta dapat dilihat langsung oleh masyarakat melalui akun youtube KPU Merangin https://www.youtube.com/live/FnvtbnHn6mA?si=24yQaXI9HGN-L6g6

“Suksesnya pemilu di kabupaten merangin tak lepas dari kerjasama banyak pihak, Pemerintah daerah, TNI-Polri yang memfasilitasi banyak hal, dan juga seluruh lapisan masyarakat Merangin. Pleno tingkat kabupaten ini bisa dilihat oleh masyarakat melalui akun youtube KPU Merangin,”ujarnya.

“Rekapitulasi penghitungan suara ini wajib dihadiri Bawaslu Merangin, saksi peserta pemilu, PPK dan para Media,”tambahnya.

Terkait potensi adanya penghitungan suara ulang, mantan Ketua Bawaslu Merangin itu masih belum mengetahuinya, sebab KPU Merangin telah menyelesaikan semua tiingkatan.

“Iya semua tingkatan, mulai dari TPS kemudian tingkat kecamatan, kita lakukan secara terbuka dan disaksikan oleh pengawas kemudian oleh saksi, semuanya hadir, itu sudah kita lakukan dan sudah kita masukan di kejadian khusus untuk diselesaikan semua tingkatan,”jelasnya.

Untuk diketahui, saat ini rapat pleno penghitungan suara sedang berlangsung dan satu kecamatan telah rampung yakni kecamatan Bangko(*)