Sinopsis Adit Sopo Jarwo The Movie, Film Tentang Persahabatan

 

Jambiflash.com - Apakah Anda masih ingat dengan 3 karakter animasi yang cukup ikonik yaitu Adit, Sopo dan Jarwo? Serial animasi yang populer sejak tahun 2014 silam ini telah dibuatkan prekuelnya yang berjudul Adit Sopo Jarwo: The Movie. 

Film Animasi buatan MD Pictures dan MD Animation ini mempercayakan Hanung Bramantyo dan Eki N.F sebagai sutradara. Tahukah Anda bahwa serial animasi ini dijadikan sebagai film karena banyaknya permintaan dari para penggemar di media sosial. 

Film animasi ini tetap berfokus pada 3 karakter utama Adit, Sopo dan Jarwo. Film ini dimulai dari kisah Adit yang hendak pergi ke Yogyakarta naik kereta api bersama kedua orang tuanya. Dari sinilah cerita dimulai. Di tengah perjalanan, Adit memutuskan untuk membeli makanan ringan pada saat kereta sedang berhenti sebentar di stasiun Cirebon.  Namun, pada saat Adit hendak kembali ke kereta, ternyata dia sudah ketinggalan. Kereta yang ia tumpanginya justru sudah berangkat sehingga membuat Adit harus berada di stasiun seorang diri tanpa orang tuanya.

Dari sinilah perkenalan antara Jarwo dan Adit. Pada saat itu, Jarwo melihat Adit yang terlantar sendiri. Ia pun merasa iba dan kemudian memutuskan untuk menghampiri Adit. Dalam film ini, Jarwo digambarkan sebagai sosok pria asing yang baik hati. Jarwo pun membantu Adit untuk bisa bertemu dengan kedua orang tuanya kembali. 

Kemudian munculah karakter Sopo yang bekerja sebagai porter kereta api. Awalnya ia mencurigai sikap Jarwo yang begitu baik dengan Adit. Maka dari itu untuk menghindari hal buruk terjadi pada Adit, Sopo pun berinisiatif untuk bisa ikut bersama mereka berdua. 

Adit yang awalnya merasa sedih pun perlahan mulai bisa lebih tenang dan barulah ia bercerita tentang kejadian malang yang menimpanya saat itu. Mendengar ceritanya tersebut, hati Jarwo dan Sopo pun tersentuh. Mereka tidak tega memberikan anak ini sendirian kebingungan di stasiun. Akhirnya keduanya memutuskan untuk membantu Adit agar bisa berkumpul kembali bersama kedua orang tuanya. 

Di sinilah petualangan mereka dimulai. Berawal dari pertemuan di stasiun yang tidak disangka-sangka ini menghasilkan petualangan yang penuh dengan candaan dan kejadian unik selama di perjalanan. Dari pertemuan inilah mereka pun mulai dekat dan menjadi sahabat karib sampai seperti yang ada di serial animasinya. Meskipun karakter ketiganya sangat berbeda tetapi justru dapat membuat mereka tetap bersatu dan bisa membuktikan bahwa betapa hebatnya arti dari persahabatan dan sikap saling tolong menolong ketika ada yang sedang kesusahan. 

Dalam film ini, Anda tidak hanya bisa melihat keseruan film animasi asli Indonesia, tetapi Anda juga akan diajak berpetualang keliling kota Indonesia yang disuguhkan dalam bentuk film animasi. Latar belakang kota yang ditampilkan dalam film ini ada di Cirebon, Brebes dan Yogyakarta serta beberapa tempat ikonik lainnya. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan tempat-tempat tersebut. 

Anda akan melihat karakter Jarwo yang digambarkan sebagai sosok oportunis dan berteman dengan Sopo yang memiliki sifat penurut dan tulus. Meski Sopo tidak melanjutkan sekolahnya, namun ada saja tingkah lakunya yang bisa membuat penonton tertawa. Mereka berdua terasa lengkap dengan kehadiran Adit yang merupakan bocah kecil yang cerdas. Di usianya yang masih muda, bisa dikatakan Adit sudah mampu untuk membuat keputusannya sendiri meski terkadang ada juga kesalahan yang dilakukannya. 

Film ini mampu memberikan nilai arti persahabatan yang dibumbui dengan hubungan antara anak dan orang tua. Pastinya film animasi ini menggambarkan kehidupan sehari-hari yang sangat sayang bila dilewatkan.(**)