Evolusi HP dari Masa ke Masa

Evolusi HP dari Masa ke Masa

JAMBIFLASH - Evolusi teknologi HP dari masa ke masa berdasarkan fakta-fakta historis, adalah sebagai berikut :

Pada awalnya, telepon seluler atau HP hanya bisa ditemukan di mobil atau kendaraan komersial tertentu, tetapi pada tahun 1980-an, ponsel sudah dapat dimiliki oleh konsumen individu. 

Ponsel pertama yang dikomersilkan adalah DynaTAC 8000x yang dirilis oleh Motorola pada tahun 1983 dengan harga $3.995. 

Ponsel ini memiliki bobot 1,1 kg, dan hanya memiliki kapasitas baterai cukup untuk melakukan panggilan selama 30 menit. 

Pada tahun 1990-an, ponsel menjadi lebih kecil dan lebih ringan dengan penambahan fitur-fitur seperti SMS, serat optik, dan koneksi ke Internet. Ponsel yang terkenal pada waktu itu adalah Nokia 5110 dan Motorola StarTAC. 

Pada awal tahun 2000-an, ponsel mulai memasuki era smartphone. Blackberry menjadi produsen ponsel cerdas yang sukses pada waktu itu, dilengkapi dengan full keyboard dengan kemampuan untuk menerima dan mengirim email. 

Tahun 2007, Steve Jobs memperkenalkan iPhone pertama di Apple WWDC, dan menjadi tonggak penting dalam evolusi perangkat mobile, menyebabkan kepopuleran dan keberhasilan apa yang kita lihat sekarang sebagai pasar smartphone modern. 

Kini, ponsel cerdas memiliki kemampuan yang jauh lebih luas, seperti kemampuan kamera yang canggih, pengisian daya nirkabel, pengenalan wajah dan sidik jari, kecerdasan buatan untuk pengenalan suara, dan lain-lain.(nas/berbagai sumber) 

Diberdayakan oleh Blogger.