Sinopsis Film Tribhanga 2021 : Kisah Antara Ibu dan Anak

Jambiflash.com - Sudah bukan hal yang asing lagi jika para produsen film di negara India mengangkat isu-isu sosial yang ada di wilayahnya sendiri. Tentunya hal tersebut juga mempunyai banyak sekali kesamaan terhadap isu sosial dalam masyarakat yang diangkat ke dalam film Indonesia. Salah satu contoh isu sosial yang sering diangkat dan kerap kali berkaitan yaitu tentang obsesi terhadap kaum perempuan. 

Belum lama ini, ada sebuah film India keluaran Netflix yang baru saja dirilis pada pertengahan bulan Januari 2021 lalu, yaitu Tribhanga : Tedhi, Medhi, Crazy. Isu sosial   yang diangkat dalam film dikemas dengan sangat apik karena dibalut dengan sinematografi yang ciamik sehingga mampu menarik reaksi positif dari para penonton. Hal ini dibuktikan dalam pencapaian rating film Tribhanga : Tedhi, Medhi, Crazy ini yang mampu mencapai persentase dengan nilai yang cukup baik dan tinggi, yaitu sebesar 86 persen. 

Secara keseluruhan, film ini menggambarkan tentang hubungan antara sang ibu dan anak perempuannya yang tidak akur. Film dengan durasi sepanjang 95 menit ini juga turut memasukkan isu kekerasan seksual, bunuh diri, hingga normativitas yang ada di dalam masyarakat tentang bagaimana sejatinya seorang perempuan harus bersikap.

Menariknya lagi, beberapa tokoh yang ada di film ini diperankan oleh aktris papan atas India yang sudah tersohor dan kemampuan aktingnya sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Beberapa di antaranya yaitu Kajol, Tanvi Azmi, dan juga Mithila Palkar. 

Di sini Tanvi berperan sebagai Nayan, yaitu salah satu penulis sastra yang sudah terkenal dan mempunyai seorang anak perempuan bernama Anu, yang diperankan oleh Kajol. Sedangkan Anu berprofesi sebagai seorang penari Odissi dan mempunyai putri yang bernama Masha, yang dibintangi oleh Mithila Palkar. 

Dalam film ini, dikisahkan bahwa sudah sejak lama Anu membenci ibunya sendiri. Bahkan, memanggil Nayan dengan sebutan “ibu” pun  Anu tidak sudi. Keduanya mempunyai karakter yang sangat berbeda sehingga tak jarang jika sering muncul konflik dalam rumah tangga tersebut. Rasa benci itu dipicu oleh berbagai macam trauma dan luka yang dimiliki Anu di masa lalu. 

Mulai dari perceraian kedua orang tuanya, bapak tirinya yang melecehkannya ketika dia masih remaja, hingga sikap Nayan terhadap Anu yang tidak memihak kepadanya justru membuatnya merasakan luka batin yang lebih mendalam lagi. 

Namun, di sisi lain beda halnya dengan hubungan di antara Anu dan juga Masha, keduanya justru malah sangat dekat serta hangat. Bahkan, Masha terlihat terus menerus mendampingi ibunya ketika sedang tampil di panggung.

Ketika sang nenek, yaitu Nayan sedang berada dalam kondisi koma Masha pun juga turut menemani dirinya di rumah sakit. Ketika Nayan dalam keadaan koma, maka cerita tentang hal yang tak terselesaikan di dalam hubungannya dengan Anu pun perlahan mulai terkuak. Hal ini diakibatkan karena perbincangan antara Anu dan juga Milan, yaitu seorang pria kenalan Nayan. Di situlah mulai muncul berbagai cerita yang disampaikan oleh Milan mengenai kacamata Nayan selama ini hingga akhirnya kisah tersebut mampu melunakkan hati Anu.

Namun, apakah Anu dan Nayan saja yang mempunyai konflik cukup rumit dalam rumah tangga mereka? Lantas, apakah hubungan Anu dan anaknya baik-baik saja? Untuk cerita lebih lengkapnya lagi, jangan lewatkan kelanjutan kisahnya dengan menonton filmnya secara langsung di layanan streaming atau bioskop kesayangan Anda ya!.(**)