Review dan Sinopsis Film Serious Man 2020 : Kisah Ayah yang Obsesi Terhadap Anak


 


Jambiflash.com - Kebanyakan orang sering mengira bahwa film India selalu berkaitan dengan tarian dan juga nyanyian. Padahal, tidak semua film india selalu dikaitkan dengan kedua hal tersebut. Salah satu film India yang dimaksudkan tak lain yaitu Serious Man yang sudah tayang pada tahun 2020 kemarin

Film yang baru saja dirilis oleh layanan streaming video online Netflix ini dibintangi oleh kawakan pemeran papan atas yaitu Nawazuddin Siddiqui. Menariknya lagi film yang berjudul Serious Man ini ternyata diadaptasi dari sebuah buku dengan judul yang sama pula karya Manu Joseph.

Perilisan film serious man ini lebih tepatnya jatuh pada bulan Oktober 2020 lalu. Di mana semenjak perilisannya tersebut, film Serious Man ini mampu menyedot perhatian para penggemar film india untuk Menontonnya. Dengan kata lain, jumlah penonton film Serious Man ini berhasil menarik penonton dalam jumlah yang banyak. Hal ini tak lain disebabkan karena kemampuan akting dari para pemeran film Serious Man itu sendiri beserta isu sosial yang diangkatnya.

Di dalam film Serious Man ini dikisahkan bahwa aktor Nawazuddin Siddiqui yang berperan sebagai Ayyan Mani menjalankan profesi keseharian menjadi seorang karyawan asisten astronomi di National Institute of Fundamental Research yang berada di daerah Mumbai.

Keadaan yang dialami oleh Ayyan Mani ini mau tidak mau harus dijalaninya sendirian. Meskipun begitu, ayyan mani pun tidak menyerah akan keadaannya tersebut. Justru dengan begitu dirinya malah terpacu untuk mengubah takdirnya itu.

Salah satu cara yang ia lakukan yaitu dengan cara bekerja keras dan juga berusaha membuat atasannya menjadi terkesan kepada dirinya sendiri. Tetapi sayangnya setelah semua itu dilakukan, ternyata usahanya tersebut gagal tanpa mendapatkan hasil seperti yang dia inginkan.

Setelah itu ayyan mani pun menjadi sangat frustasi terhadap keadaan yang sedang dialaminya karena tidak sesuai dengan ekspektasinya tersebut. Belum lagi ditambah dengan keadaan keluarganya yang ada di kasta bawah. Maka hal itu justru membuatnya semakin dipandang sebelah mata oleh masyarakat yang ada di sekitarnya.

Untuk membuktikan dirinya mampu kepada orang-orang yang telah merendahkan harga dirinya tersebut maka Ayyan Mani pun mencoba membodohi semua orang dengan cara membuktikan diri bahwa anak laki-lakinya yang masih berumur 10 tahun tersebut mempunyai kepintaran yang berada di atas rata-rata atau dengan kata lain yaitu jenius. Hingga suatu hari yang kelam, kebohongan yang dilakukan oleh ayaan mani tentang anaknya yang jenius kepada orang-orang di sekitarnya tersebut akhirnya justru malah menjadi malapetaka bagi dirinya sendiri.

Berada di lingkungan keluarga yang miskin maka secara tidak langsung membuat Ayyan Mani mempunyai tekad yang cukup kuat untuk membuat anak laki-lakinya tersebut menjadi sukses. Dengan keterbatasan yang dimiliki Adi, yang tak lain merupakan anak laki-lakinya, Ayyan Mani  tega dan juga rela membohongi orang-orang itu. Kebohongannya tersebut dilakukan dengan cara mengajarkan Adi tentang segala sesuatu yang belum saatnya dimengerti oleh anak-anak di usianya tersebut.

Secara keseluruhan, film Serious Man ini menggambarkan bagaimana rasanya hidup di India di tahun 2020 dan dikemas dengan cerita yang satir. Di mana jalan ceritanya pun semakin epik ketika film tersebut juga mengangkat perihal parenting. Di mana orang tua adi yang terus menerus menuntut anaknya hingga membuat Adi merasa tertekan hingga depresi. Baik itu berusaha untuk mendapatkan nilai yang bagus di dalam mata pelajarannya atau menjadi anak pintar yang menjadi tolak ukur sukses di kemudian hari.

Penasaran dengan cerita lengkapnya? Simak di layanan video streaming online pilihan Anda ya!(**)