Nonton Film India Airlift 2016 Sub Indo, Ini Sinopsisnya


Nonton Film India Airlift 2016 Sub Indo, Ini Sinopsisnya

Pernah menonton film Argo, film terbaik dan peraih Oscar 2013 yang berkisah tentang operasi penyelamatan warga Amerika di saat krisis Iran pada 1979? Airlift ini versi India-nya –dalam artian, operasi evakuasi warga negara asing dari medan konflik di negara lain.

Airlift adalah film aksi-drama-thriller yang disutradarai Raja Krishna Menon dan dibintangi Akshay Kumar dan Nimrat Kaur. Secara garis besar, film ini mengungkap kisah warga India yang terjebak di Kuwait saat negara itu sedang berperang melawan Irak pada 1990.

Disebut operasi Airlift karena pengangkutan warga India keluar dari Kuwait dilakukan dengan pesawat secara besar-besaran. Selama dua bulan, lebih dari 488 penerbangan komersial Air India diterbangkan ke zona perang Irak-Kuwait untuk mengevakuasi sekitar 177.000 warga India.

Film ini dibuka dengan penggambaran sosok Ranjit Katyal (Akshay Kumar), pengusaha India yang kaya dan berkuasa di Kuwait. Dalam siatuasi perang, dia dan keluarganya berada dalam bahaya dan berusaha keluar dari sana. Bom dan rudal berdentum di seantero kota.

Dia mendatangi Kedutaan Besar India di Kuwait dan di Irak, tapi mereka tidak menggubrisnya. Suasana di kedua kantor itu kacau balau. Serangan Irak ke Kuwait kian menggila. Dalam kebingunan mencari bantuan, Ranjit menyadari banyak sekali warga India yang tersandera di medan perang itu.

Untuk seterusnya, Ranjitlah yang menjadi sosok sentra, sepeti Ben Affleck (yang berperan sebagai Tony) menjadi sosok sentral di film Argo. Ranjit mengambil inisiatif memimpin upaya penyelamatan diri ratusan ribu orang.

Dia juga mencoba menghubungi Kementerian Luar Negeri India. Namun, seperti kedutaan, Kemenlu juga cuek.

Akhinya, Ranjit dan 177 ribu warga asal India memutsukan berjalan sejauh 1.000 kilometer. Mereka melintasi perbatasan menuju ke Amman, Yordania. Dari Amman, 177.000 orang berhasil dievakuasi ke India.


Bagian terbaik dari film ini adalah perjalanan dramatis selama melarikan diri Kuwait. Mereka sering di bawah ancaman rudal, peluru, bom dan todongan senjata. Tidak jarang dalam cuaca panas menyengat. Anak-anak menangis, perempuan kelelahan dilukiskan dengan baik di film ini.

Kejahatan mengintai selama perjalanan. Namun, semua harus dihadapi dan dilalu. Sosok Ranjit, sang pengusaha kaya itu tampak heroik. Dan pemerintah, seperti kebanyakan film India, hadir belakangan, yakni saat mereka tiba di Amman.

Suasan perang yang mencekam dilukiskan dengan baik di film ini. Kota-kota hancur, prajurit-prajurit terluka dan mati. Semua divisualisai dengan set yang baik di bawah kendali Raja Krishna Menon.

Pemerintah India sempat mengkritik film Aitlift ini karena merasa terpojok. Tentu, ada juga yang langsung menghubungkannya dengan Argo. Airlift dianggap meniru film besutan Ben Affleck itu.

Seseru apa sih filmnya?

Tonton Airlift di aplikasi streaming movie kesayangan Anda, atau cari sendiri di situs-situs pencarian seperti Google.com, Yahoo.com, Bing.com, Yandex.com atau Duckduckgo.com. Ketik kata kunci atau keyword “nonton film airlift 2016 full movie sub indo”.(*)

BACA JUGA BERITA FILM DI JAMBIFLASH: